Rabu

GASING



Gasing merupakan salah satu permainan tradisional nusantara,walaupun sejarah penyebaranya belum diketahui secara pasti. Permainan gasing atau begasing telah ada jauh sebelum penjajahan belanda.permainan ini dilakukan oleh anak anak dan orang dewasa. Biasanya,dilakukan di pekarangan rumah yang kondisi tanahnya keras dan datar.permainan gasing dapat dilakukan secara perorangan atau beregu dengan jumlah pemain yang berpariasi,menurut kebiasaan di daerah masing-masing.hingga kini,gasing masih sangat popular dilakukan disejumlah daerah di Indonesia.Di Bontang (KALTIM)bahkan warga kutai di guntung rutin menyelenggarakan kompetisi.biasanya gasing dimainkan saat diselenggara kan ERAU PELA S BENUA maupun acara peringatan 17 agustusan hal untuk melestarikan budaya kutai yang hamper punah oleh sebab itu pertandingan ini akan terus diselenggarakan setiap tahun nya oleh  LEMBAGA ADAT KUTAI BONTANG.
 BERAGAM NAMA GASING DI NUSANTARA
Sejumlah daerah memiliki istilah berbeda untuk menyebut gasing.masyarakat jawa barat dan DKI Jakarta menyebutnya gangsing atau panggal.masyarakat lampung menamainya Pukang,warga Kalimantan timur menyebutnya Begasing sedangkan di maluku disebut Apiong,dan di nusa tenggara barat dinamai Maggasing.hanya masyarakat jambi,Bengkulu,sumatera barat,tanjungpinang dan kepulauan riau yang menyebut gasing
Nama maggasing atau aggasing juga dikenal masyarakat bugis di Sulawesi selatan.sedangkan masyarakat bolaang magondow di daerah Sulawesi utara menamai Paki.orang jawa timur menyebut gasing kekehan sedangkan diyokyakarta gasing disebut dengan dua nama berbeda jika tebuat dari bambu disebut gangsingan,jika dari kayu dinamai Pathon.
  BENTUK GASING
 Gasing memiliki beragam bentuk,tergantung daerahnya .ada yang lonjong,ada yang berbentuk seperti jantung,kerucut,silinder juga ada yang berbentuk piring terbang

9 komentar:

  1. ingat jaman kecil dulu suka main panggal sama teman teman sepulang sekolah.....

    BalasHapus
  2. Wah Ingat Semasa kecil ane nih... hehehe

    BalasHapus
  3. rahmatea & akhatam :
    ok sob masa kecil memang indah sob

    BalasHapus
  4. jd inget waktu masih kecil dlu..
    mantaabb postingx sob..

    BalasHapus
  5. Dikampungku juga ada adu gasing... namun anak anak sekarang udah mulai meninggalkannya... sayang.. Namun belakangan ada gasing dari plastik buatan luar...!!

    BalasHapus
  6. tuorial blog: thanks sob

    Lembaga pelatihan :iya sob permainan sekarang sdh terseger dengan permainan dari luar

    BalasHapus
  7. saya juga suka main gasing :D

    BalasHapus
  8. waww...jd inget masa kecil dl...:D


    http://siapapunsuka.blogspot.com

    BalasHapus